Tips Membangun Blog yang Sukses di Masa Depan

Tips Membangun Blog yang Sukses di Masa Depan
Tips Membangun Blog yang Sukses di Masa Depan

Membangun blog sama halnya dengan membangun rumah. Pertama-tama kita harus meletakan sebuah batu yang kuat sebagai pondasinya, kemudian dilanjutkan dengan membangun tembok hingga atap sehingga menjadi sebuah rumah yang sempurna. 

Tak lupa pula memberikan sejumlah fasilitas perabotan di dalam rumah yang akan membuat kita merasa lebih nyaman ketika tinggal di dalamnya. Nah bagi Anda yang masih pemula dalam dunia blogging, simak beberapa tips membangun blog agar sukses di masa depan berikut ini.

Cara Membangun Blog Agar Berhasil di Masa Depan

1. Perhatikan konten/artikel

Menurut saya artikel akan menyumbang 70 % bagi kesuksesan suatu blog, sedangkan 30 % lainnya adalah SEO. Oleh sebab itu usahakan Anda memberikan konten-konten terbaik kepada para pembaca. Kualitas konten terbaik tidak harus berdasarkan jumlah kata yang banyak, melainkan dari manfaat konten itu sendiri kepada pembaca.

Selain membuat konten yang bermanfaat untuk pembaca, Anda juga harus memperhatikan peletakan keyword. Usahakan setiap keyword yang dibidik ada dalam artikel, terutama di paragrah pertama dan bagian tengah. Hal ini bertujuan agar mesin pencari dapat melakukan index artikel Anda dengan mudah.

Tidak hanya sampai disitu saja, guna memberikan kenyamanan kepada para pengunjung ada baiknya Anda juga menambahkan gambar. Tambahkan gambar yang sesuai (relevant) dengan topik yangg sedang dibahas. Serta jangan lupa sertakan diskripsi gambar supaya lebih jelas.

2. Lakukan promosi dengan tepat

Promosi menurut saya lebih penting dari pada SEO. Maka dari itu, lebih baik lakukan promosi terlebih dahulu sebelum menerapkan SEO. Berpromosi bisa dilakukan dengan banyak sekali cara, mulai dari promosi melalui forum secara gratis hingga promosi melalui iklan Facebook secara berbayar. Masing-masing cara tersebut memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri.

Selain bisa mendapatkan banyak pengunjung, promosi juga akan membuat website Anda lebih cepat terkenal. Apabila proses semacam ini terus berlanjut, maka website Anda akan memiliki prospek yang cukup bagus kedepannya.

3. Lakukan SEO (mengoptimalkan mesin pencari)

Banyak orang yang menganggap SEO itu menjebak, tetapi menurut saya tidak selamanya begitu asalkan dilakukan dengan benar. Salah satu tehnik SEO yang sering saya lakukan adalah Guest Blog. Tehnik ini termasuk kedalam White Hat SEO, sehingga jangan khawatir blog nantinya akan terkena deindex dari mesin pencari.

Caranya sangat mudah sekali. Pertama Anda bisa menghubungi pemilik webiste seniche yang sudah terkenal di mesin pencari. Selanjutnya tawarkan konten yang Anda miliki kepadanya (usahakan konten unik dan belum dipost). Jangan lupa jelaskan maksud Anda juga ketika memberikan konten tersebut.

Setelah memberikan konten, biasanya sang pemilik website terkenal tadi akan memberikan link menuju ke blog kita. Dari link inilah kita akan mendapatkan backlink blog sekaligus pengunjung. Semakin banyak backlink berkualitas yang Anda bangun, maka SEO blog Anda akan semakin bagus di mesin pencari.

Itulah beberapa tips membangun blog yang sukses di masa depan nanti. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya di blog masing-masing, salam!

Sillahkan tinggalkan komentar Anda jika Anda menyukai atau memiliki pendapat tentang artikel ini dan jangan ragu untuk membagikannya di social media yang Anda miliki.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »