Tips Agar TV Menghasilkan Gambar Terbaik

Tips Agar TV Menghasilkan Gambar Terbaik
TV zaman sekarang terus dan semakin berkembang. Hingga sekarangpun sudah bermunculan televisi-televisi dengan kemampuan menampilkan gambar dengan resolusi 4K Ultra HD. Yaitu salah satu televisi yang memiliki resolusi layar 3840 x 2160 pixel, sekitar empat kali dari yang mampu ditampilakan oleh televisi-televisi dengan kemampuan menampilkan gambar full HD pada umumnya.

Bagi kita yang belum merasa puas dengan tampilan yang dikeluarkan televisi kita. Itu merupakan hal yang wajar karena untuk kegunaan tertentu maka televisi harus diatur dengan kegunaan tertentu juga. Pengaturan yang digunakan untuk menonton siaran-siaran reality show tentu saja tidak sama dengan yang digunakan untuk bermain game kelas atas.

Untuk mengaturnya sendiri tidak terlalu sulit sehingga bisa dilakukan sendiri secara manual. Bahkan jika kita takut sekalipun akan merusak televisi kita, sebenarnya itu hal yang tidak perlu karena kita dapat dengan mudahnya menekan tombol kembali ke pengaturan pabrik dan semua kembali ke sedia kala. Oleh karena itu, perhatikan hal-hal berikut agar hasil tampilan yang dikeluarkan TV mu menjadi lebih baik.

1. Gunakan Preset

Preset (pengaturan yang telah diatur untuk kegunaan tertentu) tentu ada untuk suatu alasan. Meskipun ada beberapa orang yang berkonspirasi bahwa preset hanya akan merusak kualitas gambar yang dikeluarkan. Hal ini tentu saja tidak benar.

Padahal preset sangat berguna untuk menonton. Contohnya, mode normal sangat cocok digunakan untuk kegiatan yang biasa-biasa saja. Sedangkan mode sinema dibuat untuk mendukung menonton dengan kondisi kurang cahaya dan lain sebagainya.

2. Untuk Bermain Game?

Pemrosesan gambar berkualitas tinggi merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh seorang gamers. Bayangkan saja, bahkan sebuah lag yang sangat kecil dan sebentarpun dapat membuat seorang pemain kalah telak dari kondisi yang sebelumnya hampir menang. 

Untuk mencegah hal seperti ini terjadi. Sekarangpun para penyedia televisi telah menyediakan pengaturan khusus yang akan menimalisasi lag yang terjadi ketika bermain game. Pengaturan ini akan mengaktifkan fitur-fitur tertentu yang tidak berguna ketika bermain game sehingga lag pun bisa diminimalisasi.

3. Perhatikan kondisi cahaya sekitar ketika menonton televisi

Salah satu hal yang penting dari karakteristik dari layar LCD adalah bahwa mereka secara subjektif tampak berbeda tergantung dari kondisi cahaya di lingkungan sekitarnya. Hal ini dikarenakan layar LCD menggunakan teknologi backlit yang membuatnya tampak menjadi senter ketika dalam ruangan yang gelap.

Sedangkan TV Plasma dan OLED adalah tipe yang tidak terkena efek senter ketika digunakan dalam kondisi ruangan yang kurang cahaya. Bahkan jenis layar seperti ini akan tampak lebih baik kualitas gambarnya ketika berada dalam ruangan yang gelap. Hal ini menyebabkan layar jenis ini sangat cocok untuk digunakan bagi para pecinta film.

Semoga saja tips-tips barusan dapat membantu kita untuk menikmati kualitas gambar yang lebih baik di televisi.

Sillahkan tinggalkan komentar Anda jika Anda menyukai atau memiliki pendapat tentang artikel ini dan jangan ragu untuk membagikannya di social media yang Anda miliki.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »