Sundak, Pantai Indah Yang Terletak di Desa Sidoharjo

Sundak, Pantai Indah Yang Terletak di Desa Sidoharjo
Sundak adalah pantai indah yang terletak di Desa Sidoharjo, Tepus Kecamatan, Gunungkidul, Yogyakarta. Menurut cerita yang diceritakan oleh penduduk setempat, nama Sundak diambil dan kemudian digunakan setelah di lokasi ini ada pertarungan antara anjing dan landak. Pertarungan dimulai pada saat asu (anjing) liar yang lapar bertemu dengan landak di pantai ini. landak tersebut lalu dikejar ke dalam sebuah gua dan kemudian akhirnya dimakan oleh anjing.

Pemiliknya, yang sedang mencari anjingnya melihat anjingnya pergi keluar dari gua basah kuyup dengan setengah tubuh landak. Karena penasaran, ia memeriksa ke dalam gua dan menemukan setengah bagian dari landak tersebut. Setelah pertarungan itu, pemilik anjing menyebut pantai ini sebagai "Sundak." Sundak adalah kombinasi dari dua kata, "asu" yang berarti anjing, dan landak. Selain itu, mata air yang ditemukan di lokasi yang digunakan sebagai sumber air bagi warga setempat. Sekarang pipa air dipasang di sini untuk mengalirkan air ke permukiman di sekitar daerah tersebut.

Pantai ini semakin lama semakin terkenal dan menarik pengunjung. Hal ini tidak hanya karena nama yang unik, tetapi juga karena keindahan pantai ini dengan pasir putih dan suasananya yang tenang. Sekarang, pantai ini bahkan telah dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing. Karena itu, Pantai Sundak telah dikembangkan oleh pemerintah daerah setempat sebagai obyek wisata andalan di wilayah Gunung kidul.

Kelebihan Pantai Sundak

Tidaklah mengherankan jika pantai ini menjadi salah satu tempat yang paling menarik di Yogyakarta, karena Pantai Sundak memiliki keindahan yang sangat memang sangat menarik. garis pantai yang ditutupi oleh pasir putih bersih dikombinasikan dengan air jernih dari laut. Selain itu, pantainya juga dangkal dan bisa dieksplorasi hingga 30 meter dari pantai. Di bawah air, ada beberapa karang kecil dan batu sebagai rumah untuk biota laut kecil yang Anda bisa lihat di pantai ini.
Sundak, Pantai Indah Yang Terletak di Desa Sidoharjo

Ada juga beberapa bukit batu dan tebing-tebing kapur di utara pantai ini dengan tinggi sekitar 12 meter. bukit-bukit ini seperti dekorasi pantai yang menambah keindahan lain untuk pantai ini. Dalam salah satu bukit-bukit ini, mata air yang telah disebutkan di atas dapat ditemukan.Pada sore hari, para wisatawan bisa menikmati pemandangan matahari terbenam di cakrawala Samudera Hindia sambil menikmati suasana pantai ini.

Rute

Jika dari Yogyakarta ke ibukota Kabupaten Gunungkidul, Wonosari, Anda bisa naik bus umum berangkat dari Giwangan Terminal, Yogyakarta. Anda juga bisa memilih antara minibus dan bus besar dengan biaya mulai dari Rp 4.000 atau mungkin bisa lebih. Perjalanan bisa memakan waktu sekitar satu jam. Setelah tiba di Wonosari, penumpang akan diturunkan disekitar pasar Wonosari. Dari sini, Anda bisa melanjutkan menggunakan minibus menuju ke Pantai Baron atau Krakal. Ini akan memakan waktu sekitar 40 menit sampai 1 jam sebelum tiba di lokasi. Namun, jika Anda pergi ke pantai ini dengan menggunakan kendaraan pribadi bisa langsung dari Yogyakarta, akan lebih mudah dengan waktu perjalanan perkiraan sekitar 2 jam

Tiket Masuk

Tiket masuk ke daerah pantai di Gunungkidul adalah sekitar Rp 1.500 per orang (kalau belum naik..hehehe..). Ini akan dikenakan biaya di jalan utama sebelum memasuki daerah pantai. Namun, ketika Anda memasuki area pantai Sundak, tidak akan dikenakan biaya, kecuali tiket parkir.

Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Pantai Sundak sudah lama dibuka dan dikenal oleh para wisatawan asing dan lokal, sehingga Anda tidak akan menemukan resor atau mengajukan sekitar sini. Namun tidak hanya itu saja, di pantai-pantai lain yang terletak di sebelah barat dari Pantai Sundak ada banyak pondok-pondok untuk menginap sambil menikmati suasana pantai, seperti di Pantai Kukup, Pantai Krakal, atau Pantai Baron. Selain itu, biaya kamar untuk satu malam juga murah mulai. Ada juga beberapa homestay di sekitar pantai ini.
Sundak, Pantai Indah Yang Terletak di Desa Sidoharjo
Untuk pilihan bersantap, Anda bisa mencoba beberapa toko makanan atau bar yang dibuat untuk menarik wisatawan. Di tempat-tempat ini ada berbagai pilihan makanan laut dan hidangan lainnya. Warung makanan berbaris di pantai menawarkan berbagai jenis hidangan laut lokal yang layak untuk dicoba.

Sillahkan tinggalkan komentar Anda jika Anda menyukai atau memiliki pendapat tentang artikel ini dan jangan ragu untuk membagikannya di social media yang Anda miliki.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »