7 Makanan Terbaik untuk Orang Stres

 
7 Makanan Terbaik untuk Orang Stres

Depresi atau stres adalah keadaan emosional yang biasanya berhubungan dengan kesedihan, keputusasaan, kehilangan minat, atau berhubungan dengan pikiran untuk bunuh diri.

Depresi bisa mengganggu dan mempengaruhi perilaku seseorang, pikiran dan juga perasaannya. Dengan kata lain, depresi bisa merusak kesehatan mental dan fisik seseorang.

Setiap orang memiliki gejala depresi yang berbeda-beda. Ada yang suka marah-marah, ada yang kehilangan energi, ada yang berperilaku sembrono dan aneh, ada juga yang jadi doyan tidur, kemudian tidak sedikit juga yang doyan makan. Berbagai perilaku buruk tersebut tentu saja akan mempengaruhi status sosialnya di masyarakat dan merugikan kesehatan.

Makanan terbaik untuk orang stres

Meskipun saat ini sudah banyak obat yang tersedia untuk mengatasi stress, namun obat-obatan tersebut memiliki efek samping yang tidak pernah menyenangkan. Selain berbahaya, obat-obatan juga tidak baik dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan kronis.

Oleh sebab itu, beberapa obat alternatif sebaiknya anda lirik seperti makanan maupun minuman yang bisa membantu mengurangi stres. Berikut adalah beberapa makanan terbaik untuk orang stres agar bisa lebih tenang.

1.        Alpukat

Alpukat bisa dikonsumsi dalam berbagai cara seperti dijadikan jus, di konsumsi dalam bentuk segar atau dicampurkan dengan buah-buahan yang lainnya.Alpukat memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak dan bisa membantu mencegah depresi. Kandungan protein yang dimilikinya serta lemak tak jenuh dan kalium akan membantu mengendalikan emosi.Para ahli mengatakan bahwa alpukat merupakan salah satu pelabuhan terbaik yang bisa meringankan depresi.

2.        Blueberry

Buah ini memiliki manfaat yang luar biasa dalam membantu mengurangi depresi. Apabila dijadikan jus, blueberry yang kaya antioksidan bisa meningkatkan mutu dan mengurangi stress.

3.        Kunyit

Kunyit memiliki banyak manfaat karena adanya kandungan fitokimia dan kurkumin di dalamnya. Kunyit merupakan salah satu antidepresan alami terbaik yang bisa meminimalkan gejala depresi dan sekaligus mengobati depresi.

4.        Lada hitam

Bagi anda yang menyukai makanan-makanan pedas, tidak ada salahnya mencoba lada hitam karena senyawa polifenol yang ada didalamnya disebut peperline bisa meningkatkan energi dan mengurangi depresi.
Selain manfaat di atas, ternyata lada hitam juga bisa meningkatkan fungsi kognitif otak sehingga anda yang mengkonsumsinya akan memiliki konsentrasi dan fokus yang lebih baik.

5.        Kelapa

Saya yakin semua orang menyukai kelapa terutama kelapa muda yang kaya elektrolit dan bisa membantu melawan depresi. Selain itu, sebenarnya kelapa juga mengandung lemak tertentu yang bisa menaikan suasana hati menjadi lebih cerah dan lebih ceria.

6.        Telur

Para ahli kesehatan biasanya menganjurkan seseorang untuk mengkonsumsi telur, terutama telur rebus untuk membuat hati menjadi lebih gembira. Telur kaya akan vitamin B yang bisa mengurangi depresi parah.

7.        Buah ceri

Buah berwarna merah yang terkenal lezat ini dapat juga dimanfaatkan untuk melawan depresi. Bila anda ingin beristirahat dengan baik terutama pada malam hari, konsumsilah buah ceri terlebih dahulu karena bisa membantu menenangkan suasana hati, meningkatkan hormon serotonin dan bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Sillahkan tinggalkan komentar Anda jika Anda menyukai atau memiliki pendapat tentang artikel ini dan jangan ragu untuk membagikannya di social media yang Anda miliki.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »