Objek Pariwisata di Tapanuli Tengah

Tapanuli Tengah

Tapanuli Tengah memang tidak setenar daerah lain di Indonesia untuk sektor pariwisata. Kabupaten ini terletak di Provinsi Sumatera Utara. Sebenarnya, Tapanuli Tengah memiliki potensi yang tepat untuk menjadi kawasan wisata yang bagus. Karenanya, provinsi ini masih dalam mengembangkan potensi wisata dan juga masih dalam tahap promosi untuk obyek wisata mereka. Berikut adalah beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi di Tapanuli Tengah.

Pulau Mursala

Pulau Mursala

Pulau Mursala adalah obyek wisata yang terletak di Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Luas pulau ini sekitar 8.000 hektar, yang terdiri dari bukit-bukit yang indah.

Di Pulau Mursala ada beberapa sungai mengalir membelah pulau. Laut di sekitar Pulau Mursala digunakan sebagai tempat konservasi terumbu karang. Sementara itu, pulau ini memiliki potensi untuk menjadi tempat untuk bersantai resort dan spot untuk berburu. Jika dari Sibolga untuk menuju pulau ini, akan membutuhkan sekitar 1 jam perjalanan menggunakan speed boat, atau 3 jam menggunakan perahu normal.

Tempat yang menarik yang mungkin Anda perlu untuk mengunjungi di pulau ini adalah air terjun yang unik di tepi tebing pulau ini. Air dari air terjun ini langsung jatuh ke laut. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi air terjun ini, Anda dapat menyewa perahu dan mengamati keindahannya langsung di laut.

Bukit Anugerah

Bukit Anugerah

Anugerah Hill atau Bukit Anugerah terletak di Terdapat, Bonan Dolok, Sitahuis, Tapanuli Tengah. Karena topografi dari bukit ini, para pengunjung bisa menikmati panorama yang indah dari daerah ini dari tempat tertinggi yang terletak di ketinggian 1.500 m di atas permukaan laut. Dari sana, Anda bisa melihat panorama dari pulau-pulau sekitarnya, laut, Pandan Town, dan Sibolga Kota.

Dari berita yang banyak beredar, di daerah ini akan dibangun patung besar yang akan disebut Anugerah Statue. Rencannya akan menciptakan sebuah patung Nabi Nuh berdiri tegak di sebuah hotel yang bentuk sebuah kapal besar. Sekarang, patung ini masih dalam proses pembuatan di bengkel pematung Bali yang terkenal, Nyoman Nuarta. Jika rencana ini berjalan dengan baik, ketinggian patung ini akan lebih tinggi dari Patung Liberty di Amerika Serikat. Hotel itu sendiri dirancang untuk memiliki 200 kamar, ballroom, dan dilengkapi dengan arsitektur yang unik dirancang oleh tim dari Nyoman Nuarta.

Pantai Pandan

Pantai Pandan

Pantai pandan adalah salah satu tujuan wisata favorit di Tapanuli Tengah. Objek wisata ini terletak di desa Pandan, Kecamatan Pandan, yang merupakan ibukota dari Tapanuli Tengah.

Pantai ini memiliki panorama alam yang luas. Lokasi pantai ini berada dalam bentuk teluk, sehingga gelombang cukup tenang dan cocok untuk berenang dan bermain-main pantai ini. Beberapa olahraga air juga tersedia seperti banana boat atau ban dalam, yang bisa disewa untuk bersantai di atas air. Di Pandan Pantai ada juga beberapa penginapan, toko suvenir, dan restoran di mana Anda dapat mencicipi berbagai jenis makanan tradisional dengan harga murah.

Lokasi Pandan Pantai berdekatan dengan jalan utama dari Pandan dan Padang Sidempuan. Ini berarti bahwa pantai ini mudah untuk ditemukan. Selain itu, karena akses yang mudah pantai ini bisa dikunjungi dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum besar seperti bus. Pantai ini sangat ramai di akhir pekan ketika orang mengalami liburan dengan keluarga mereka.

Pantai Kalangan 

Pantai Kalangan

Kalangan pantai tidak terlalu jauh dari Pandan Pantai; sekitar 2 kilometer. Keindahan pantai ini tidak kalah dengan pantai Pandan, dengan bukit-bukit hijau mengelilingi laut biru. Selain itu, di bagian barat pantai ini terdapat banyak batu muncul dari air. Batu-batu telah menjadi tempat favorit untuk memancing oleh warga setempat.

Pantai ini memang pantai populer di antara warga Kota Sibolga. Berbagai kegiatan olahraga pernah diselenggarakan di pantai ini seperti kompetisi berenang dan motocross. Selain itu, banyak acara dan hiburan yang biasanya diselenggarakan di pantai yang indah ini.


Pantai 
Kahona 

Pantai Kahona

Pantai ini sangat eksotis, menarik dan pesona. Banyak orang mengatakan bahwa Kahuna Pantai sebagus pantai terkenal di Bali atau bahkan di luar negeri. Karena keindahannya, pantai ini digunakan sebagai lokasi syuting film berjudul Mursala yang sengaja dibuat untuk mengekspos beberapa tempat menarik di Tapanuli Tengah. Pirus airnya yang dikelilingi oleh bukit-bukit yang indah membuat keindahan ini pantai ini sangat menarik bagi wisatawan.

Eksotisme dari pantai Kaho Na telah membuat pantai ini sebagai salah satu tujuan liburan favorit di Tapanuli Tengah. Namun, tempat wisata terkenal lainnya di luar Tapanuli Tengah mengakibatkanlkan kurangnya kunjungan dari para wisatawan dari daerah lain di Indonesia dan juga negara-negara asing ke tempat ini. Namun, dengan komitmen pemerintah daerah diharapkan pantai ini bisa dirubah dan dikembangkan sehingga potensi yang besar bisa menarik wisatawan asing.

Sillahkan tinggalkan komentar Anda jika Anda menyukai atau memiliki pendapat tentang artikel ini dan jangan ragu untuk membagikannya di social media yang Anda miliki.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »