Surga Bawah Laut di Pulau Menjangan Bali

http://postinglagi.blogspot.com/2016/03/surga-bawah-laut-di-pulau-menjangan-bali.html

Pulau Menjangan adalah salah satu pulau kecil tak berpenghuni yang masih bagian dari Pulau Bali. Pulau ini terletak sekitar 10 km di sebelah barat laut Bali. Pulau Menjangan adalah bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Dari Denpasar, pulau ini bisa ditempuh sekitar 4 jam dengan kendaraan, dan terletak sekitar 60 km dari pantai yang terkenal Lovina. "Menjangan" sebenarnya adalah sebuah kata Bali yang berarti "rusa". Memang, pulau pasir putih ini diberi nama seperti itu karena sekelompok rusa yang hidup bebas di pulau ini.

Meskipun hanya sebuah pulau kecil tak berpenghuni, Pulau Menjangan tidak pernah sepi dari pengunjung. Selain wisatawan, umat Hindu juga hampir setiap hari datang ke ini untuk berdoa karena adanya kompleks candi suci di pulau ini. Di pulau Menjangan, ada 8 candi yang menjadi pengunjung tujuan. Salah satunya adalah Segara Giri Dharma Kencana Temple. Candi ini merupakan salah satu kuil bersejarah di Bali yang sangat berkaitan dengan perjalanan suci seorang pendeta Hindu yang disebut Dang Hyang Siddhimantra ke Bali. Dikatakan bahwa lama, Dang Hayang Siddhimantra adalah orang yang dipisahkan Jawa dan Bali yang berada di sebuah pulau besar yang sama dengan slasing tongkat sihirnya. Candi ini dibangun sebagai bentuk apresiasi dari para pengikutnya. Kata "Giri" berarti bumi atau daerah; "Dharma" berarti kebajikan; dan Kencana berarti line. Jadi, Segara Giri Dharma Kencana Temple berarti sebuah kuil di garis dan bidang kebajikan.

Melihat ke sisi lain pulau, Anda dapat melihat laut biru yang indah yang mengelilingi pulau. Sebenarnya, pulau pasir putih cantik ini juga memiliki pemandangan bawah laut yang menakjubkan. terumbu karang dan biota laut hidup dengan baik karena lingkungan yang sehat membuat daerah ini sebagai salah satu tempat terbaik snorkeling di Bali. Aktivitas snorkeling dan diving pertama dilakukan secara profesional pada tahun 1978 ketika Angkatan Laut Indonesia menjadi sponsor dari pertemuan menyelam dari beberapa klub diving di Indonesia. gathering itu adalah batu loncatan dari Pulau Menjangan sebagai menyelam dan snorkeling internasional tempat di Bali. Sebagai salah satu tempat menyelam terbaik, daerah Pulau Menjangan terbagi ke dalam beberapa poin dengan 60 meteran Drof off dan batu kompleks dan pembentukan karang. Batu-batu ini dan terumbu membuat beberapa gua besar dan kecil yang menjadi habitat karang, berbagai jenis ikan.

Di kedalaman 45 meter dari permukaan, ada tempat menyelam yang disebut jangkar Wreck. Seperti namanya, ada bangkai kapal dengan anchor berkarat. Selain itu, lokasi ini juga disebut Anker atau Slave Ship. Kapal ini diduga sebagai bangkai kapal Belanda di abad ke-19 yang merupakan pembawa Bali yang akan dikirim ke Batavia (sekarang Jakarta) sebagai budak. Di dalam kapal, ada begitu banyak peti yang ditemukan mengandung cina dan kaca botol. Jika Anda menyelam di sekitar bangkai kapal ini, sangat mungkin bahwa Anda dapat melihat beberapa kura-kura dan hiu. Ada beberapa tempat menyelam yang dapat ditemukan di pulau ini. daerah yang disebut Eel Gardens terletak di 40 meter tempat diving adalah tempat terbaik di barat dari Pulau Menjangan. Seperti namanya, di daerah ini ada kelompok-kelompok besar belut taman dan koloni penggemar laut. Selanjutnya, Secret Bay adalah surga bagi makro-fotografer, video-operator, dan biologi laut. Di tempat ini, ada begitu banyak spesies langka termasuk berbagai jenis kuda laut.

Jika Anda ingin mengunjungi Pulau Menjangan dan menikmati keindahan laut, transportasi di utama adalah perahu yang dapat ditemukan di Teluk Terima Village. Akses lain untuk mencapai pulau ini dermaga kecil di Banyuwedang Teluk. Menyeberang ke Pulau Menjangan kebutuhan sekitar 30-40 menit. Dengan Rp 40.000 - Rp 50.000 per orang, kita bisa menyewa peralatan snorkeling. Jika Anda ingin mencoba perahu Sharing ditambah paket snorkeling, Anda juga bisa mendapatkannya seharga Rp 250.000 per orang atau Private Boat untuk Rp 1.200.000 untuk maksimal 5 orang. Biasanya, harga tersebut telah termasuk sewa perahu, peralatan snorkeling, panduan, tiket masuk, dan asuransi jiwa.

Karena pulau ini sangat kecil dan tak berpenghun maka jika Anda ingin mengunjungi Pulau Menjangan, pastikan untuk membawa persediaan cukup, obat-obatan, dan hal-hal lain yang diperlukan sehingga Anda dapat menikmati pesona Pulau Menjangan.

Sillahkan tinggalkan komentar Anda jika Anda menyukai atau memiliki pendapat tentang artikel ini dan jangan ragu untuk membagikannya di social media yang Anda miliki.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »