Pulau Biawak, Jawa Barat - sebuah tujuan Diving dengan Keunikannya Yang Spesial



Pulau Biawak, Jawa Barat sebuah tujuan Diving dengan Keunikannya Yang Spesial - Pulau biawak Indonesia Biawak memiliki nama lain Varanus salvator. Hewan ini sangat mirip dengan Komodo. Pulau Komodo mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda karena reputasinya yang sudah dikenal dunia. Namun, apakah Anda pernah mendengar Pulau biawak? yang satu ini pasti agak asing bagi Anda.

Biawak dan komodo sangat mirip, tapi komodo memang lebih besar dan lebih ganas. Tidak seperti komodo yang hanya hidup di Pulau Komodo, biawak hampir bisa ditemukan di setiap wilayah Asia Tenggara. Di dalam Pulau biawak, ada banyak kadal jenis ini. Meskipun hewan ini tidak bisa menjadi daya tarik utama dari pulau ini, Pulau biawak masih sebuah pulau eksotis dan damai yang paling cocok sebagai pulau wisata.

Pulau biawak merupakan bagian dari sebuah kepulauan di Laut Jawa. Pulau ini terletak di wilayah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Pulau biawak di utara Indramayu, atau sekitar 40 kilometer dari pantai utara Indramayu, dan secara administratif milik Kabupaten Indramayu. Pulau biawak terdiri dari tiga pulau besar: Pulau biawak, Pulau Candikian, dan Pulau Gosong.

Dari hal ini jelas bahwa nama Pulau biawak diambil dari nama pulau ini endemik, nama sebenarnya, nama sebenarnya dari pulau ini adalah Pulau Rakit, namun pemerintah daerah Indramayu berubah menjadi Pulau biawak dikarenakan tingginya jumlah biawak hidup di pulau ini. kadal ini cukup unik, karena tinggal di daerah air garam. Setiap sore sebelum matahari terbenam, banyak biawak dengan ukuran yang bervariasi (20 cm - 1,5 m) yang berenang terlihat di pantai. Pada saat ini, biasanya biawak berburu ikan. Selain disebut Pulau biawak, pulau ini juga disebut menyawak atau Bompyis Island.

Meskipun tidak benar-benar populer, Pulau biawak merupakan obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dengan luas 120 hektar, pulau ini juga kaya dengan pohon bakau hijau. Jika dilihat dari dataran tinggi, akan terlihat dataran hijau luas yang terlihat indah sekitar pantai. Pulau ini dapat ditempuh dengan 3 - 4 jam perjalanan menggunakan perahu motor dari dermaga karangsong, Indramayu. Pulau ini dikenal karena keindahan bawah lautnya dengan ikan warna-warni dan terumbu karang yang menakjubkan. Sisi lain yang menarik dari pulau ini selain biawak, karena terumbu karang alami dan sehat yang sangat menyenangkan untuk menonton. Berikut adalah beberapa hal lain yang dapat Anda temukan di pulau ini.


Sebenarnya, pulau kecil ini berbahaya untuk setiap kapal yang melintasi laut ini. Oleh karena itu, mercusuar 65 meter yang dibangun di pulau ini untuk memandu kapal dan mencegah kecelakaan. konstruktor dari Mercu suar ini adalah ZM Willem pada tahun 1872, saat Indonesia masih dijajah oleh Belanda. mercusuar masih berfungsi sampai sekarang, dan Anda dapat melihat pemandangan laut yang menakjubkan dan dermaga dari atas itu.



Biawak yang merupakan satwa endemik pulau ini yang tidak takut manusia. Sebagai hewan endemik, kadal ini masih menarik untuk ditonton. Jika Anda ingin melihat mereka, Anda dapat menempatkan ikan atau daging di sekitar pulau ini dan kemudian mereka akan datang dengan cepat. Meskipun mereka tidak berbahaya, kita perlu berhati-hati karena ekor mereka tetap dapat menyakiti Anda.


Pulau Gosong adalah tanah kecil yang terletak di atas permukaan laut. Pulau ini adalah sekitar 1 jam perjalanan dari Pulau biawak menggunakan perahu. Pulau Gosong sebenarnya bgus untuk berenang dan snorkeling. Tapi, sayangnya, lingkungan Gosong Pulau ini telah rusak oleh untuk pembangunan proyek kilang.


Pulau biawak juga memiliki hutan bakau yang lebat di pantainya. Selain mangrove, banyak pohon-pohon pinus dapat juga didirikan di tengah pulau. Hutan ini adalah tempat untuk berbagai burung, sehingga akan menarik jika Anda dapat mengamati mereka secara langsung.



Dermaga di pulau ini cukup panjang dan berdiri di pantai berpasir putih yang indah. Beberapa bagian dari itu sudah dibangun oleh beton, dan bagian-bagian lainnya masih menggunakan kayu. Oleh karena itu, kita harus sedikit berhati-hati saat melintasi dermaga ini. Selain itu, suasana dan pemandangan pulau ini sangat menakjubkan.


Untuk mencapai pulau ini, Anda harus menyeberang laut dari Dermaga Karangsong, Indramayu. Jadi pertama, Anda harus masuk ke Indramayu dulu. Untuk mencapai Indramayu Anda dapat menggunakan bus atau kereta api dari Jakarta. Setelah tiba di Indramayu, Anda dapat langsung menuju ke Karasong Dermaga Karasong untuk menyewa perahu motor. Perjalanan ke Pulau biawak biasanya membutuhkan sekitar 3-4 jam.

Sillahkan tinggalkan komentar Anda jika Anda menyukai atau memiliki pendapat tentang artikel ini dan jangan ragu untuk membagikannya di social media yang Anda miliki.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »