Taman Botani Di Kebun Raya Bogor


Taman botani Kebun Raya Bogor adalah salah satu dari empat kebun raya di Indonesia selain Kebun Raya Bedugul, Cibodas, dan Purwodadi. kebun raya ini cukup terkenal karena banyak wisatawan lokal dari ibu kota (Jakarta) dan sekitarnya menggunakannya sebagai tempat wisata favorit. Jaraknya tidak terlalu jauh dan panorama yang indah telah menarik begitu banyak pengunjung yang ingin menghabiskan waktu liburan mereka.

Sejarah

Kebun Raya Bogor atau Kebun Raya Bogor dibangun pada 18 Mei 1817 oleh Prof. Dr. Caspar Georg Karl Reinwardt. Dia adalah spesialis botani dari Jerman. s'Lands Plantentuin te Buitenzorg adalah nama pertama taman ini, yang menjadi pusat pengenalan setiap jenis tanaman ekonomis untuk pertanian. kelapa sawit (Elaeis guinensis) adalah salah satu komoditas pertanian yang diperkenalkan dari Afrika Barat ke Indonesia melalui Kebun Raya Bogor.

Kebun Raya Bogor terletak di pusat Kota Bogor, taman tersebut beralamat di Jl. Ir. Haji Juanda no. 13, Bogor, Jawa Barat. Taman ini dapat tempuh melalui jakarta, dengan jarak sekitar 60 km ke tenggara. Meskipun ini cukup jauh dari pusat kota, tidak begitu sulit untuk mencapai tempat ini. Perjalanan juga dapat dimulai dari stasiun kerata Cawang ke Bogor, dengan lama waktu sekitar satu jam dan jarak yang ditempuh adalah sekitar 50 km.


Kondisi Alam


Kebun Raya Bogor memiliki jenis tanah lembab-rendah habitat. Hal ini pada 260 m dari permukaan kedalaman laut. kelembaban sekitar 80-90% dengan curah hujan sekitar 3.000 - 4.300 mm / tahun.

Total Koleksi Tanaman


Dengan melihat dengan lebar tanah, Kebun Raya Bogor memiliki begitu banyak jenis tanaman, 13.697 spesies, yang dikategorikan menjadi 3.441 ras, 1265 genus, dan 220 keluarga. Kebun Raya Bogor memiliki beberapa koleksi yang sangat menarik bagi masyarakat, seperti Bunga bangkai raksasa atau suweg raksasa atau batang krebuit (nama lokal untuk fase vegetatif)Amorphophallus titanum Becc. Bunga ini benar-benar fantastis karena ketinggian bunga ini bisa tinggi hingga 3 meter. Ketika mereka bermekaran, kita bisa mencium bau yang tidak sedap datang dari bunga. Ini akan menarik serangga untuk datang dan membantu bunga untuk proses penyerbukan. Dengan demikian, masyarakat yang disebut bunga ini sebagai bunga bangkai (Rafflesia Arnoldi). Hal yang unik adalah bahwa, bunga ini dikategorikan sebagai bunga langka yang hanya ditemukan di Indonesia. Bunga ini bunga terbesar di dunia. jika Anda ingin melihat bunga ini Anda harus membuat kontak ke Kebun Raya Bogor atau Anda dapat mengikuti perkembangannya di situs resmi: bogorbotanicgardens.org

Rusa Di Taman Botani Bogor


Ada juga sekitar 10.000 spesies koleksi anggrek di Kebun Raya Bogor yang dipajang di rumah kaca dan dilengkapi oleh sistem fogging untuk mengontrol kelembaban. Berikutnya, ada juga beberapa jenis sawit, (Arecaceae), tanaman herbal, buah-buahan langka, pohon kayu (Dipterocarpaceae) dan tanaman pitcher tropis (Nephentaceae). Ada juga lainnya koleksi unik seperti pabrik raksasa lily (Victoria Amazonica), tanaman leci, pohon randu, dan pohon jati.

Disamping flora, ada juga beberapa fauna di lokasi ini seperti: rusa, burung, dan beberapa jenis ikan di kolam renang. Selain itu, untuk memperkaya pengetahuan tentang flora dan fauna, pengunjung juga disajikan oleh museum dan beberapa buku informasi.


Beberapa Tempat Menarik / Bangunan


Tidak hanya koleksi tanaman tropis, Bogor Botanic Garden Bogor Botanic Garden juga memiliki beberapa tempat dan bangunan bersejarah yang menarik untuk dikunjungi. Setelah memasuki gerbang utama, Anda akan melihat pohon-pohon kenari (Canarium vulgare) di setiap sisi jalan. Kemudian Anda akan menemukan Teysmann taman; taman bergaya formal yang dibangun pada tahun 1889 sebagai apresiasi kepada Johannes Teysmann. Dia adalah salah satu pencipta dari Kebun Raya Bogor yang sudah memberi begitu banyak kontribusi di sektor landscape. Di sini Anda juga bisa melihat Istana Bogor. Ini adalah salah satu bangunan bersejarah yang sangat penting bagi Indonesia. Namun, itu tidak begitu mudah untuk memasuki gedung ini. Ada beberapa persyaratan yang dibutuhkan, juga dibutuhkan selama sekitar satu minggu untuk memproses izin. Jadi, jangan lupa untuk melakukan reservasi sebelum Anda akan mengunjungi situs ini.


Ada begitu banyak orang lain bangunan yang dapat Anda nikmati seperti: Taman Bhineka (taman bhineka), Lebak Sudjana Kasan taman, taman kaktus, juga J. J. Smith Monument, jembatan, 
kuburan Belanda dan Lady Raffles monumen.

Jam Buka
  • Garden: 08.00 - 17.00
  • Office: 07.00 - 15.30 *
  • Layanan Informasi: 08.00 - 16.00
  • Perpustakaan: 08.00 - 15.00 *
  • rumah kaca anggrek: 08.00 - 15.30
  • Tanaman & merchandise shop: 08.00 - 15.30
  • Cafe De'daunan: 08.00 - 21.00
  • Museum Zoologi: 08.00 - 17.00

* Jam Operasi untuk Jumat: 08.00 - 16.00, dan ditutup pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur

Sillahkan tinggalkan komentar Anda jika Anda menyukai atau memiliki pendapat tentang artikel ini dan jangan ragu untuk membagikannya di social media yang Anda miliki.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »