Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi

Rekreasi adalah salah satu kebutuhan utama manusia untuk menyegarkan pikiran mereka setelah melakukan rutinitas sehari-hari yang membosankan dan melelahkan, dan Indonesia adalah tujuan wisata dunia yang menyediakan begitu banyak obyek wisata yang benar-benar sangat menarik dan indah. Salah satu obyek wisata yang dididik di Jawa Timur, Indonesia yang benar-benar cocok untuk dinikmati bersama keluarga Anda adalah "Kebun Raya Purwodadi" atau disebut juga sebagai Purwodadi Botanical Garden. Objek ini adalah pilihan yang baik bagi Anda yang ingin mengambil waktu Anda keluar dari polusi di tempat Anda, ingin menikmati keindahan alam dan kesegaran udara juga.

Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi (Purwodadi Botanical Garden) dibangun atas inisiatif dari Dr D.F. van Slooten pada 30 Januari 1941. Kebun raya ini awalnya dimaksudkan untuk percobaan pelebaran dari s'Lands Plantentuin Buitenzorg atau Kebun Raya Bogor (Bogor Botanical Garden). Pada awalnya taman ini digunakan untuk kegiatan penelitian tanaman kebun. Kemudian, pada tahun 1954 itu mulai menerapkan konsep taman dengan membuat beberapa tempat tumbuh untuk beberapa jenis koleksi tanaman. Sejak tahun 1980 beberapa tanaman direorganisasi berdasarkan kelompok mereka sendiri, berdasarkan sistem klasifikasi Engler dan Pranti. Dalam perkembangannya, Kebun Raya Purwodadi diharapkan untuk melanjutkan konservasi dan penelitian pusat tentang iklim kering di daerah tropis. Taman ini adalah salah satu dari tiga kebun raya yang ada di Indonesia, yang pertama dan banyak dikenal orang adalah Kebun Raya Bogor sedangkan dua lainnya adalah Kebun Raya Cibodas (Cibodas Botanical Garden) dan Kebun Raya Eka Karya Bali (Eka Karya Bali Botanical Garden). Ketiga kebun memiliki tugasdan fungsi khusus yang berbeda.

Taman Kaktus - Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Kebun ini berada di tepi jalan utama yang menghubungkan tiga kota-kota seperti Malang, Surabaya, dan Pasuruan. Dari Malang perjalanan akan berkisar kurang lebih 24 km ke arah utara, dan dari Pasuruan itu adalah sekitar 30 km ke arah barat daya, dan dari Surabaya Anda hanya perlu pergi ke selatan sekitar 65 km. dari Surabaya, jika Anda mengambil kereta api Anda bisa turun di stasiun Lawang sekitar 20 km sebelum Malang. Setelah itu, Anda akan melihat empat bangunan lantai-antik dari abad ke-19 yang sudah menjadi Hotel Niagara. 

Niagara Hotel

Kebun Raya Purwodadi Jawa Timur

Luas kebun raya ini adalah sekitar 85 ha, dan di tinggi 300 meter dari bawah laut, dengan fotografi datar dan bergelombang. Curah hujan rata-rata obyek wisata ini sekitar 2366mm per tahun dengan suhu 22 - 32 oC. Menurut besar daerah ini, itu benar-benar mungkin untuk memiliki 11.500 jumlah tanaman, yang terbagi untuk 1.864 jenis dari 169 keluarga. Untuk memastikan daerah ini begitu segar, alami, hijau, dan Anda dapat mengambil oksigen sebanyak yang Anda inginkan. Ada begitu banyak jenis tanaman di sini, tetapi pada umumnya akan dijelaskan beberapa dari mereka. Ada enam jenis tanaman yang akan dibahas sebagai berikut.

  1. Koleksi Anggrek, ia ditempatkan di rumah kaca dan beberapa dari mereka berada di luar, yang di barat taman. Ada ratusan jenis anggrek.
  2. Koleksi Bambu, ia memiliki 30 jenis bambu yang diambil dari Jawa, Sulawesi, Pulau Maluku, dan dari negara-negara lain seperti Thailand, China, dan Birma. kelompok tanaman di kebun selatan.
  3. Koleksi Palm, untuk koleksi ini terletak di tengah-tengah taman. Palm adalah tanaman yang dapat hidup selama seratus tahun.
  4. Koleksi Fern, taman ini memiliki 60 jenis pakis. Mereka berada di timur taman yang dekat dengan sungai dan air terjun di sana.
  5. Hotel di bali
  6. Kacang-kacangan koleksi, untuk kategori ini kebun memiliki 157 jenis tanaman dari 70 genus. Hal ini terletak di utara kebun raya
  7. Obat-obatan koleksi tanaman, kategori ini terletak di timur kebun raya.
  8. Jika Anda ingin berjalan di sekitar taman, Anda dapat melewati jalur dengan menggunakan sepeda atau di jalan aspal dengan menggunakan mobil pribadi. Jika kita lelah, kita bisa menyewa "Mobil Murah kancil", kereta api kecil

Kebun Raya Purwodadi

Sillahkan tinggalkan komentar Anda jika Anda menyukai atau memiliki pendapat tentang artikel ini dan jangan ragu untuk membagikannya di social media yang Anda miliki.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »