Memperbaiki Suara yang Tidak Mau Keluar di Windows 10



Banyak sekali manfaat memperbaharui sistem operasi komputer kita ke Windows 10. Namun sayangnya, terdapat beberapa pengguna yang mengalami masalah setelah melakukan pembaharuan ke sistem operasi tersebut. Salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh pengguna tersebut adalah masalah dengan perangkat audio, kondisi di mana laptop kita tidak mau mengeluarkan suara. Tentu saja hal ini sangat mengganggu kita yang sedang ingin menonton film atau sekedar mendengarkan lagu. 
Memperbaiki Suara yang Tidak Mau Keluar di Windows 10
Berikut saya rangkum beberapa penyelesaian yang mungkin dapat membantu menyelesaikan permasalahan kamu:


1. Cek Driver

Masalah yang paling umum dari suara yang tidak mau keluar adalah karena pengguna tidak memperbaharui driver dari perangkat keras audio di komputernya. Untuk melakukannya bisa dilakukan dengan terlebih dahulu membuka device manager.

Di dalam device manager kamu akan melihat beberapa daftar lalu pilihlah “Sound, Video dan Game Controllers”. Kemudian pilih sound card mu untuk membuka jendela baru.

Setelah itu pilihlah pada bagian driver dan cari pilihan “Update Driver”. Maka Windows akan segera mencari driver terbaru yang cocok dengan perangkat keras audiomu. Apabila pencarian tersebut tidak menghasilkan apapun, cobalah untuk mengunjungi situs dari penyedia perangkat keras suara tersebut dan carilah driver terbaru yang cocok.

Setelah itu install dan restart komputermu dan periksalah apakah masalahmu telah terselesaikan.


2. Menggunakan Driver Generic

Jika cara sebelumnya belum berhasil menyelasikan masalah kamu maka cobalah untuk menggunakan Driver Generic bawaan dari Windows 10. Hal ini dapat dilakukan dengan membuka device manager dan klik kanan pada perangkat keras audiomu lalu pilih update driver software. Setelah itu pilihlah Browse my computer for driver software. Pilih “High Definition Audio Service”, install kemudian cobalah untuk merestart kembali komputermu.


3. Enhancement yang kurang baik

Terkadang isu-isu semacam ini juga dapat terjadi dikarenakan fitur audio enhancement yang berjalan kurang baik. Oleh karena itu untuk menyelesaikannya dapat dilakukan dengan mematikan seluruh enhancement tersebut.

Buka menu start, ketiklah Sound maka kamu akan menemukan Sound Control Panel. Pilih bagian Playback dan klik kanan pada bagian default device kemudian pilih properties. Pada bagian enhancement centanglah kotak disable all enhancemen.


4. Menggunakan fitur Trubleshooter

Jika memang solusi-solusi di atas masih belum berhasil untuk memperbaiki output suara di komputermu maka tidak ada salahnya untuk menggunakan troubleshooter suara bawaan dari windows 10.

Untuk menjalankannya cukup ketik troubleshooting pada menu pencarian. Lalu pada bagian Hardware and Sound pilihlah Troubleshoot audio playback dan lakukanlah perintah selanjutnya yang telah disediakan oleh aplikasi tersebut.

Semoga saja salah satu cara di atas dapat berhasil untuk mempernaiki masalah output suara yang terjadi pada perangkat komputermu.

Sillahkan tinggalkan komentar Anda jika Anda menyukai atau memiliki pendapat tentang artikel ini dan jangan ragu untuk membagikannya di social media yang Anda miliki.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »