Sejarah Singkat Mengenai Pokemon GO

Sejarah Singkat Mengenai Pokemon GO

Pokemon GO adalah sebuah permainan berbasis Augmented Reality dan bisa dimainkan secara multiplayer yang dalam waktu singkat yang telah berhasil menarik minat jutaan orang dan menjadikannya sebagai sebuah fenomena tersendiri di tahun 2016 ini. Tapi tunggu dulu, apa yang sebenarnya sedang kita bicarakan saat ini? Bahkan Pokemon saja kita tidak tahu artinya apa. Oleh karena itu di sini akan dirangkum sedikit sejarah singkat sebelum munculnya game Pokemon GO ini.

Pokemon dan Penciptanya

Pokemon merupakan salah satu karya orang jepang, yaitu Satoshi Tajiri yang terinspirasi oleh kegemarannya pada pesona serangga yang sering ia kumpulkan. Permainan pokemon sendiri baru mulai muncul dari akhir tahun 1998 untuk konsol Game Boy dengan tajuk Pokemon: Blue dan Pokemon: Red, yang kemudian diikuti oleh Pokemon: Gold.

satoshi tajiri


Pokemon sendiri adalah suatu mahluk unik yang bisa ditangkap (dalam permainannya) dengan menggunakan Pokeball yang nantinya bisa kita latih dan ajak bertarung. Pada awalnya sendiri jumlah pokemon yang ada dalam game berjumlah 151 yang bisa kita lihat di pokedex (sebuah ensiklopedia mengenai seluruh pokemon yang ada), namun dalam perkembangannya sendiri jumlah kreasi pokemon yang telah ada saat ini telah lebih dari 720 pokemon.

Nintendo sendiri, publisher dari seri game pokemon. Awalnya merasa sangat khawatir bahwa permainan semacam ini tidak akan menarik orang barat sama sekali. Namun ternyata hasilnya sangat mengejutkan, permainan ini begitu laris hingga akhirnya di buat versi permainan kartu dan berbagai seri anime yang bertemakan pokemon ini. Di mana tokoh yang menjadi dipopulerkan adalah Pikachu dan Ash (Pokemon Trainer Pikachu, pemiliknya). Lebih lanjut lagi pokemon dibuat dalam bentuk berbagai macam merchandise dan tidak ketinggalan pula dalam bentuk mainan. Yang kemudian game ini merilis seri terbarunya yaitu Omega Ruby dan Alpha Sapphire yang terbukti sangat sukses.

Pokemon GO

Konsep dari permainan Pokemon Go ini sendiri pertama kali muncul sebagai sebuah ide dalam lelucon satu april (april mop) pada tahun 2014. Niantic, yang saat itu dimiliki oleh google, bekerja sama dengan Google untuk membuat sebuah video youtube yang mengumumkan tantangan Pokemon, sebuah mesin pencarian pokemon berbasis Google Maps yang akan memberi hadiah kepada pencari pokemon terbaik dengan gelar Pokemon Master.

Pokemon Go
Melihat reaksinya yang sangat positif, maka semenjak tahun 2015 Nianctic dan Nintendo mulai bekerja sama untuk menciptakan permainan Pokemon Go seperti yang sudah bisa kita nikmati saat ini.

Sillahkan tinggalkan komentar Anda jika Anda menyukai atau memiliki pendapat tentang artikel ini dan jangan ragu untuk membagikannya di social media yang Anda miliki.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »